Gagal Menembus Fase Utama

Setelah mendapatkan dorongan serta tekanan dari banyak media perancis untuk memainkan seorang patrice evra menggantikan eric abidal sebagai starter berita bola yang turun sejak menit pertama mengolah si kulit bundar diatas lapangan hijau, pada akhirnya raymond domenech menuruti kemauan mereka semua dam memasukkan pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut kedaftar starter. Namun sungguh naas karena dilaga berikutnya mereka harus berhadapan dengan negara dengan budaya sepakbola yang tidak kalah kental, yakni belanda dan akhirnya negara yang terkenal akan roti baguette tersebut harus bertekuk lutut dengan skor akhir yang sangat mencolok, yakni empat satu (4-1). Kekalahan telak ini bagaikan menjadi sebuah pukulan yang menohok pasukan Raymond Domenech lantaran apabila ia saat itu tidak menuruti kemauan media dan menurunkan eric abidal dibandingkan patrice evra, mungkin skornya tidak akan memalukan begini kontesboladunia.

Guna menutup lubang yang telah ditinggalkan oleh Lilian Thuram disektor pertahanan tim nasional Perancis, pelatih ayam jantan Raymond Domenech kemudian menugaskan seorang Eric Abidal kebagian bek tengah dari yang tadinya ia bermain diposisi bek sayap kiri. Lantaran pemain pensiun dari berita bola indonesia yang pernah membela Barcelona tersebut digeser, maka secara otomatis Patrice Evra memiliki peluang untuk menempati posisi yang memang ia tempati dan walaupun berita kepensiunan seorang lilian thuram merupakan sebuah pukulan yang sangat berat dan serius bagi pertahanan perancis namun hal tersebut juga membawa angin segar terhadap pemain yang pernah membela manchester united, juventus, serta sekarang marseille tersebut. Sering sekali berkah yang diselimuti dengan musibah seperti ini muncul diolahraga sepakbola, tinggal tergantung kepada masing – masing orang saja bagaimana mau menyikapinya.

Satu hari setelah tim nasional Perancis harus angkat koper lebih awal dipergelaran piala Eropa tahun dua ribu delapan (2008) tersebut, Patrice Evra sendiri mengakui rasa frustrasi yang menerkam dirinya mengenai sepak terjang negaranya tersebut kepada media olahraga asal Perancis, L’Equipe dengan menyatakan bahwa dirinya merupakan seseorang yang sangat membenci kekalahan. Namun disisi yang bersamaan, ia juga melanjutkan bahwa dirinya tidak akan membuat alasan berita bola dunia akibat hal tersebut. Tim nasional Perancis sendiri memiliki tiga (3) pertandingan dibabak kualifikasi piala Eropa tersebut yang mana tidak ada satupun yang dimenangkan. Hasil ini tentu saja sulit untuk dipercaya walaupun memang kejadiannya sudah berlalu beberapa tahun silam. Belakangan ini, Italia, Belanda, Cili, dan Amerika Serikat juga gagal menembus fase utama piala dunia dua ribu delapan belas (2018), sebuah tragedi besar bagi marketing.

Leave a Reply